Mencoba Berbagi

“…orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah…” (Pramoedya Ananta Toer).

Hi all..

Saya bukan penulis, sekedar suka corat coret dan menghentakkan jari-jari merusak keyboard komputer.  Selama ini hasil merusak keyboard komputer ini hanya saya simpan sebagai sampah pribadi komputer, tergeletak asal di beberapa sudut My Documents atau di beberapa folder pribadi yang di-protect, khusus untuk tulisan tulisan terdalam. Well, I have to admitt. I’m an introvert pretending to extrovert.

Satu powerful quote dari Pramoedya diatas kemudian menjadi sesuatu yang saya pikirkan. I wrote! I have written pages and pages. Tapi yang saya tangkap dari pernyataan Pramoedya diatas, menulis bukan sekedar mengungkapkan suara hati. Menulis adalah suatu cara menyatakan, cara menyampaikan, cara berbagi, cara untuk menyatakan eksistensi dalam masyarakat.

Lantas, dimana eksistensinya jika semua tulisan itu disembunykan dalam tumpukan folder komputer and protected by a 12-digits powerful password like I did ?

Saya sudah menulis. Saya hanya belum berbagi. Disini saya mencoba berbagi..

 

Leave a comment